PEMILAHAN SAMPAH

Pernah liat tong sampah di pinggir jalan? Di beberapa kota menyediakan dua hingga lebih tonk sampah dengan maksud peruntukannya masing-masing.

Memang salah satu upaya untuk mengurangi sampah adalah dengan cara “menggunakan kembali” atau dikenal dengan RECYCLE. Pertanyaannya adalah siapakah yang menggunakan kembali?

Seperti kasus tong-tong sampah di pinggir jalan tadi, dilihat dari identitasnya tong sampah tersebut disediakan oleh dinas kebersihan setempat. Namun apa yang kemudian terjadi? adakalanya sampah-sampah yang sudah di pisah tersebut, akan tercampur kembali di truk pengangut menuju tempat Pembuangan AKhir (TPA). Sama aja donk!!

Jadi siapa yang sebenarnya bisa menggunakan kembali? Jawabannya mungkin ya kita-kita ini, atau barangkali ada diantara kita yang punya intuisi bisnis menjual barang bekas, atau mendaur ulang, tentu akan merasa terbantu dengan tong sampah yang sudah di pisahkan tersebut. Atau mungkin dinas Kebersihan juga punya armada khusus untuk mengangkut sampah yang sudah terpilih tersebut?

Akan lebih bagus jika tempat sampah khusus itu dibangun oleh “yang berkepentingan” artinya misal kamu sebagai pengusaha barang bekas, bisa aja kan memasang “tempat sampah” khusus botol minuman mineral misalnya, di seluruh penjuru kota, dan lalu anak buah kamu secara periodik berkeliling memunguti isi tong sampah tersebut.

GAMPANG KAN? ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s