OD, BOD, COD, apaan tuh?

Jika kamu “terjun” ke dalam perancanaan pengolahan air buangan, kamu akan sering berhadapan dengan istilah BOD dan COD ini.

Singkatan masing-masing istilah tersebut adalah OD (oxygen demand), BOD (Biochemical Oxygan Demand), COD (Chemical Oxygen Demand).

Kamu bisa cari di buku literatur tentang definisinya, disini hanya akan dijelaskan pemahaman sederhananya.

Bayangkan, di dalam segelas air bening yang kamu ambil dari sungai, kosong, tidak ada “apa-apa” selain air, menurut kamu : apa yang terjadi jika kamu masukkan seekor ikan ke dalam gelas tersebut?, selanjutnya kamu tambah lagi ikan yang lain, lalu kamu masukkan “kuman” atau mikroorganisme, terus…terus, sampai penuh. Apa yang lo bayangkan? Apakah ikan dan mahluk hidup itu akan hidup terus?

Nah, BOD secara mudah dapat dikatakan sebagai kandungan oksigen di dalam air yang digunakan untuk berlangsungnya “kehidupan” secara biologis. Artinya, saat air di gelas tadi “kosong” tidak ada oksigen yang digunakan oleh mahluk hidup sampai kemudian kita memasukkan ikan dan kuman. Semakin banyak mahluk yang ada di air itu dan sama-menggunakan oksigen untuk hidup maka “angka kebutuhan oksigen semakin tinggi”. Artinya lagi… air di tempat itu sudah tidak memungkinkan lagi untuk “hidup”, air itu sudah tidak “segar” lagi, dan air itu sudah TERCEMAR.

Begitu juga dengan COD, namun oksigennya digunakan oleh proses kimia, bukan biologis.

Sekarang coba ambil air gula atau air teh manis…lalu masukkan ikan ke dalam nya, apakah ikan itu akan hidup lama? kenapa? Well, air gula sudah mengandung kandungan organik (gula) yang telah memanfaatkan oksigen di dalam air tersebut, sehingga angka BOD nya tinggi, dan ikan tidak akan hidup disana.

Angka BOD dan COD yang tinggi berarti air tersebut TERCEMAR, dan perlu upaya menurunkan angka tersebut dengan teknologi PENGOLAHAN LIMBAH

MUDAH DIPAHAMI KAN?? ***

2 responses to “OD, BOD, COD, apaan tuh?

  1. wow… sip… jd faham banget sekarang tentang BOD dan COD… trimakasih…🙂

  2. Wah mantab…
    makasih ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s