MENDINGAN MANA LANGSUNG DI POMPA, ATAU DI NAIKKAN KE TANGKI TERLEBIH DAHULU ?

JIKA kamu harus memutuskan sistem distribusi yang akan digunakan, mana yang akan kamu pilih? menggunakan pompa untuk langsung “menyemprotkan” air ke rumah-rumah (pelanggan), atau “menaikkan” air ke sebuah tangki/reservoir terlebih dahulu baru kemudian mengalirkannya ke para pelanggan ?

Ngapain “capek-capek” naikin air ke tangki reservoir dulu, toh nanti air itu akan “turun” kembali, mendingan langsung di pompa aja, buang-buang duit aja, emang murah apa bikin reservoir?

Nah, mari kita amati sama-sama :

JIka kamu memutusakan menggunakan pemompaan langsung, maka yang terjadi adalah, kamu harus menjalankan pompa terus menerus selama pelanggan membutuhkan air (normalnya kebutuhan air harus 24 jam) artinya kamu harus menjalankan pompa selama 24 jam terus menerus, atau setidaknya pompa harus bekerja saat dibutuhkan (tidak terjadwal, dan sesuai “kebutuhan”).

Lain halnya jika kamu membangun tangki penampung (reservoir), kamu akan bisa menyalakan dan mematikan pompa secara “teratur”, sesuai dengan besarnya reservoir yang dibutuhkan. Pompa akan mati dan nyala dalam jadwal yang tetap setiap harinya.

Coba kamu bandingkan dengan pompa air di rumah kamu (barangkali kamu menggunakan pompa sumur), saat kamu langsung menggunakan pompa untuk kebutuhan rumah, maka saat ibu kamu mencuci piring, saat kran kamar mandi dibuka, saat itu lah pompa langsung bekerja, nyala-mati-nyala-mati..begitu, sesuai kebutuhan, tidak teratur.

Berbeda dengan jika kamu mengisi “toren” di rumah kamu terlebih dahulu, pompa hanya hidup setidaknya dua kali sehari untuk mengisi tangki rumah kamu dan waktunya bisa diatur seragam. Bisa diduga, listrik yang kamu bayar jadi lebih murah kan? dan usia pompa jadi lebih awet.

Mengenai biaya mahal saat membangun reservoir, kamu boleh lakukan hitung-hitungan deh, mana yang lebih mahal antara membuat satu buah reservoar, dengan biaya bayar listrik pompa, perbaikan, bahkan mengganti pompa yang lekas rusak?

NAH KAMU SEKARANG SUDAH TAU KAN?***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s