KOMPOSTING, BAGAIMANA TUH?

KOMPOSTING! Sebenarnya apa sih yang diperlukan untuk membuat kompos?

Filosofi kompos adalah “memanfaatkan aktivitas mikroba yang hidup di benda-benda organik (sampah) guna menambah “kekayaan” tanah sebagai sumber nutrisi tumbuh-tumbuhan.

Nah proses pembuatan kompos adalah proses membuat “kebun mikroba”. Bagaimana caranya? Mudah sekali!! Yaitu : beri kesempatan sebesar-besarnya supaya mikroba bisa menetap dan “duduk manis”.

Jangan heran jika nantinya bukan hanya mikroba yang betah tinggal di sana, tapi juga beberapa hewan “raksasa” seperti cacing, ulat, kutu. Itu gak jadi masalah, justru akan jadi ramai dan berguna kok.

Apakah mikroba akan diam dan tinggal di plastik?, kaleng bekas? Botol?, well, kamu harus memisahkan terlebih dahulu sampah yang ingin kamu buat kompos. Kamu tahu kan, mikroba itu benda renik, akan lebih mudah buat mereka untuk “menetap” pada benda yang kecil juga, artinya, kamu perlu membuat sampah kamu menjadi kecil-kecil.

Itulah sebabnya, mengapa dalam membuat kompos kamu harus “merajang” terlebih dahulu sampah-sampah itu.

Seperti halnya rumah sebagai tempat tinggal yang harus terus menerus dijaga kenyamanannya, maka dalam membuat kompos pun kamu harus tetap menjaga agar semua mikroba itu betah, yaitu dengan cara menjaga suhu nya berkisar 25-65 derajad C, kelembabannya harus berkisar 50%, derajat keasaman pH nya yang normal.

Setelah itu? Ya seperti halnya pengelolaan air buangan, biarkan saja, nanti mikroba akan berdatangan dengan sendirinya.

Atau kamu bisa mempercepat proses tersebut dengan bantuan cairan mikroba yang sengaja telah di pisahkan dan di jual. Disebut juga media aktivator, yang dapat kamu dapati di toko bahan pertanian/perkebunan.

Oh ya seperti juga halnya dengan pengolahan air buangan, proses yang terjadi pada pembuatan kompos juga ada yang aerobik dan anaerobik. Namun untuk sekala rumah tangga yang biasa dilakukan adalah denga nproses aerobic, karena lebih mudah dan murah.

MASIH ADA YANG MENGANGGAP BIKIN KOMPOS ITU RUMIT?***

(bagaimana cara membuat kompos, bisa di klik disini!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s