AIR ITU MILIK TUHAN, MANUSIA BEBAS MENGGUNAKANNYA

 

MEMANG benar, air itu berlimpah di bumi ini, dan semua mahluk hidup dapat menggunakannya. Tapi mari kita cermati lagi, keberadaan air di bumi kita ini mendominasi, hampir 2/3 bagian dari bumi kita ini (kamu tau kan bahwa permukaan bumi kita terdiri dari daratan dan lautan). Nah tapiwalaupun air itu “berlimpah”, kenyataannya hanya sebagian kecil yang dapat “digunakan” oleh mahluk hidup.

Seperti kamu lihat di diagram tersebut, bagaimana air yang bisa dikonsumsi sangatlah terbatas, dan itu semua di “perebutkan” oleh seluruh mahluk hidup di bumi.

Air gratis? Betul, dan itu pasti. Kamu bisa mengambil air langsung dari sungai, pancuran, mata air, dengan Cuma-Cuma. Namun, adakalanya air itu “kotor” dah harus di bersihkan dulu. Juga lokasi air itu jauh dari rumah kamu, sehingga diperlukan “bantuan” tenaga untuk “membawa” air itu hingga tiba di rumah kamu.

Nah apakah “usaha” itu juga gratis? TENTU TIDAK. Ada biaya yang dikeluarkan untuk membangun jaringan perpipaan, membangun instalasi pengolahan air, dan juga tenaga listrik untuk menjalankan itu semua.

Jadi jika kamu beranggapan bahwa air itu milik TUHAN dan Cuma-Cuma, itu betul sekali, setidaknya jika kamu mengambil air sendiri dari sumbernya, dengan tenaga kamu, dengan upaya kamu sepsnuhnya. Namun sayangnya pipa, pompa dan asessoriesnya tidak datang langsung dari TUHAN.

Diluar itu….well ,tidak ada makan siang yang GRATIS.***

One response to “AIR ITU MILIK TUHAN, MANUSIA BEBAS MENGGUNAKANNYA

  1. Pingback: JEJAK AIR, BUAT APA? - WATER AND SANITATION