RAGAM MACAM PIPA

Untuk anda yang pernah mendesign jaringan perpipaan (air bersih, minyak, gas, atau apapun) tentu lekat dengan istilah diameter pipa, standard apakah yang kita gunakan?, terlebih pada saat kita akan mengimplelentasikan design tersebut (membuat rencana anggaran biaya dan meng-order berbagai macam pipa berserta acessoriesnya)

Gw lebih suka menggunakan ukuran ND (Nominal diameter), untuk menyatakan ukuran pipa ataupun acessoriesnya, oh ya perlu diketahui sebelumnya, bahwasannya ada juga OD (outer diameter), yaitu ukuran diameter pipa bagian luar.

Bagi gw, akan lebih nyaman bila kita bicara dengan ND, karena apapun jenis pipa (steel, GIP, PVC, hingga HDPE) jika diameternya dalam ND, akan cocok satu sama lain (berikut acessoriesnya)

Persoalan akan menjadi lebih muda jika seluruh jaringan pipa yang kita bangun hanya menggunakan satu jenis Pipa, tapi jika dalam jaringan pipa itu kita juga melibatkan jenis pipa lain, maka problem akan muncul jika kita menggunakan diameter OD (setidaknya kalaupun kita teliti, akan membuat persoalan di lapangan menjadi rumit)

Sebagai contoh : pipa HDPE dan juga PVC (dengan klas yang sama) dengan ND 3 inch (75 mm) –oh tuhan, persoalan konversi ukuran ini juga menjadi momok tersendiri !!– memiliki diameter OD = 90mm, sementara pipa serupa dengan ND 2,5 inch memiliki diamter OD 75 mm, well bisa dilihat di sini, jika dalam design kita tidak menetapkan dahulu diameter apa yang kita gunakan, maka sewaktu kita order pipa misal dimaternya 75, maka ada dua jenis pipa yang memiliki “diameter” 75, yaitu 75 sebagai ND dan 75 sebagai OD, dua2 nya 75 khan!!, bisa2 gak connect tuh!!

Rumit? tidak juga, jika sejak awal kita sudah tetapkan bahwa yang kita gunakan adalah ND, maka kita tidak usah pusing2 memikirkan ukuran2 lainnya yang ada di pasaran.

Terlebih jika dalam design kita terdapat koneksi dengan pipa jenis lain, jika sejak awal kita bilang dalam ND (misal ND 3 inch), maka semua pipa yang harus di order baik itu pipa HDPE, Steel, GIP, PVC, apapun!! semua dalam ND 3 inch, (kecuali kalau kita mau rumit2 bilang bahwa kita pesan pipa GIP 3 inch dan pipa HDPE 90 mm, stubb flange 3,5 inch, valve nya 80 mm, walah!!)

Pokoknya jangan bingung!.. gunakan selalu Nominal Diameter, dan biarkan mereka yang mengorder barang menyesuaikan terhadap nilai yang ada di pasaran, yang penting semua barang2 itu bisa di koneksikan khan???***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s