AIR LANGSUNG MINUM

ISTILAH keren buat air yang langsung diminum adalah POTABLE WATER, atau DRINKABLE WATER. Artinya Perusahaan penyedia air minum sudah bisa mendistribusikan airnya yang langsung minum.

Di Indonesia, PDAM singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum, sesuai dengan namanya, maka “seharusnya” PDAM memproduksi air minum kan? Tapi benarkan air PDAM sudah layak langsung minum?

Jawabannya SUDAH, tapi baru pada saat keluar dari Instalasi Pengolahan Air Minumnya. Artinya memang PDAM sudah mengolah air nya menjadi siap minum.

TAPI, dalam pengalirannya ke pelanggan melewati pipa-pipa, air yang sudah “langsung minum” itu terkontaminasi selama dalam perjalanannya di pipa, bisa jadi karena pipa yang bocor sehingga masuk “kotoran” dari luar ke dalam pipa, atau karena material pipa itu sendiri.

Upaya PDAM membuat air yang langsung dapat diminum memerlukan investasi yg besar dengan kegiatan utama adalah penganggulangan kebocoran pipa (meliputi penggantian pipa baru, water meter)

Karena besarnya investasi, maka yang bisa diupayakan adalah membuat POTABLE WATER pada area-area tertentu yang terpilih, misal titik-titik pengambilan air di tempat umum.

Namun upaya tersebut juga bukan tanpa masalah. Kebiasaan para pengguna juga patut diperhatikan, bagaimana mereka bisa “memelihara” fasilitaas yang tersedia. Sebagai contoh pengadaan titik pengadaan air minum di tempat umum bisa jadi di “kuasai” oleh orang tertentu untuk kemudian diperjualbelikan (dengan alasan “ongkos” keberlangsungan fasilitas dan pemeliharaan tentunya)

SELALU INGATKAN TEMAN ASING KAMU YANG KE INDONESIA UNTUK TIDAK MEMINUM LANGSUNG DARI KRAN.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s