PILIHAN KOMPROMIS

KAMU sudah sedikit membahas tentang sistem komunal kan? (coba cari lagi artikelnya disini), nah, lantas bagaimana kamu harus menentukan sistem yang “tepat” jika kebetulan daerah yang akan kamu layani ternyata memiliki kondisi geografis yang relatif datar ??.

Ada solusi untuk  mengatasi hal ini (dalam hal ini diasumsikan biaya investasi adalah tidak terbatas), yaitu dengan sistem vacuum, yaitu jaringan pipa “sewerage” dibuat bertekanan, dan digerakkan dengan pompa.

Ah lagi-lagi pompa…, saya termasuk yang menghindari penggunaan sistem mekanis, apalagi untuk infrastruktur yang masih sulit diharapkan bisa “cost recovery” (apa artinya? terima aja dulu deh!!)

Solusi yang moderat adalah mengambil “jalan tengah”, yaitu dengan mengkelompokkan beberapa sumber pencemar menjadi kelompok-kelompok kecil yang dilayani secara terpusat. Istilah kerennya DECENTRALIZE.

Artinya secara teknis, pengaliran “sewerage” secara gravitasi untuk area pelanggan yang lebih kecil masih bisa dimungkinkan. Sistem ini merupakan pilihan diantara sistem individual dan sistem komunal.

Sistem “semi komunal” ini diharapkan merupakan pilihan “tengah-tengah” yang paling bisa diterapkan sebagai jalan keluar sistem sanitasi terbaik yang harus diaplikasikan..

Bagaimana menurut kamu??***

One response to “PILIHAN KOMPROMIS

  1. jobsupangkat

    way to go man! keep writting…we need ur enligthening..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s