BAGAIMANA BISA BERKEMBANG KALAU TIDAK PUNYA METERAN AIR?

PENINGKATAN pelayanan air bersih erat kaitannya dengan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Demikianlah alasan yang digunakan oleh berbagai pihak yang peduli dengan upaya membuka akses pelayanan air bersih. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat pedesaan. Upaya ini dilakukan juga pada wilayah yang belum dilayani oleh sistem PDAM.

Hal terpenting dalam membuat suatu sistem pelayanan, termasuk pelayanan air bersih adalah : BAGAIMANA SISTEM INI BISA BERJALAN TERUS MENERUS? Untuk membuat sistem berjalan dan berfungsi baik secara terus menerus dalam bahasa jaimnya adalah : “partisipasi masyarakat pengguna”. Tapi bahasa mudah nya adalah : UANG!!

Dari mana datangnya uang? dari pengguna air dong, berapa besarnya ? idealnya karena sistem ini adalah “menjual” air, maka semakin banyak seseorang menggunakan air maka dia harus membayar lebih banyak dari yang memakai sedikit air.

Nah bagaimana cara mengetahui seseorang memakai air lebih banyak dari yang lain? Ah, tentu harus menggunakan meteran air donk. Kalau kamu sempat cermati beberapa wilayah di pedesaan yang mengelola sistem air bersihnya sendiri, dimana diantaranya tidak menggunakan meteran air (water meter).

Seluruh pengguna membayar harga yang sama untuk penggunaan yang semaunya (sistem BDBS* = banyak dikit bayar sama). Apakah sistem seperti ini akan bisa terus berjalan dengan langgeng (atau bahkan berkembang)?

Saya masih punya pendapat, bahwa kalau mau berjalan baik dan memiliki harapan berkembang (berkembang = untung!!, wah jadi murni bisnis ya?) , sistem pelayanan air bersih harus memiliki “kontrol” terhadap berapa jumlah air yang “terjual”. Dengan cara apa? Ya dengan memasang meteran air (water meter).

Atau bisa juga mencontoh pola pembayaran pengguna internet wireless ada yang “volume base” dan juga ada yang “time base” (bisa gak ya?)

Atau diantara kamu ada yang punya pendapat lain?***

cat *= plesetan dari istilah PGGS (Pinter Goblok Gaji Sama)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s