ADA KAH VALVE BUAT PERPIPAAN AIR BUANGAN?

VALVE

KAMU semua tentu sudah tahu, apa fungsi dari memasang katub/valve pada perpipaan? Betul, fungsinya adalah untuk “membuka/tutup” aliran air/fluida yang melaui pipa tersebut. Lalu kenapa harus di buka/tutup?, well tentu ada banyak alasan, mulai dari alasan operasional rutin (seperti buka/tutup krean bak mandi kamu) hingga alasan pemeliharaan (perbaikan di sisi hilir pipa yang mengharuskan aliran dihentikan selama perbaikan).

Tapi bagaimana dengan perpipaan air kotor? Bukankan air buangan itu kadang mengadung partikel-partikel padat, belum lagi kandungan asam yang bisa menyebabkan korosif pada perpipaan dan juga acessories yang terbuat dari logam

Solusinya tentu saja ya kamu harus memilih pipa dan acessories yang bukan terbuat dari logam yang mudah karat (semisal PVC, HDPE, kuningan, atau bahkan stainless steel) namun tentu saja semua dikaitkan dengan biaya yang ada.

Bayangkan, jika kamu memasang katub/valve diameter besar yang dilalui oleh air buangan, tidak berapa lama tentu kamu akan mengalami kesulitan mengopreasikan valve tersebut (mulai dari alasan mampet, hingga alasan sulit di buka/tutup gara-gara “putaran” valve sudah menyatuoleh karat). Tambah repot kan?

Nampaknya kamu harus berpikir keras untuk mengatasi hal ini, solusinya ya gunakan bahan yang tahan karat, atau cari cara lain untuk tidak menggunakan saluran tertutup, atau cari cara lain untuk menghindari adanya katub/valve pada perpipaan air buangan.

MARI KITA DISKUSIKAN.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s