KRITERIA YANG BANYAK ITU?

Setiap pelaku kegiatan termasuk pengelolaan air bersih (operator) harus memiliki kriteria pencapaian, sebagai tolok ukur “keberhasilan kerja”-nya. PDAM, sebagai pengelola air minum “resmi” milik pemerintah yang sudah ada sejak dulu, telah menerapkan kriteria pencapaiannya yang selanjutnya di “benchmark” agar ke 300 PDAM di Seluruh Indonesia memiliki “standar yang sama”.

Ada banyak kriteria pencapaian yang ada, mulai dari kriteria teknis, keuangan, organisasi, pelayanan dan kepuasan pelanggan. Yang masing-masing golongan juga terdiri dari puluhan sub kriteria.

Bayangkan, tidak semua Pengelola memiliki nilai yang sama, atau setidaknya jika ada sepuluh kriteria, bisa jadi pengelola A memiliki nilai bagus di kriteria 1,2,5 sementara “jeblok” di kriteria 8,9,10. Begitu juga pengelola B memiliki nilai yang “rata-rata” di semua kriteria.

Jadi ingat waktu di bangku sekolah/kuliah. Ada banyak mata pelajaran/kuliah, syukur-syukur kita bisa punya nilai bagus di semua mata kuliah agar bisa lulus. Namun pernahkan kamu mengalami kasus dimana ada seorang teman kamu yang sebagian besar nilainya bagus, namun tidak lulus, lantaran ada mata kuliah lain yang nilainya “jatuh”.

Para pengambil keputusan tentu harus cermat dalam mengambil keputusan dari beberapa kriteria yang beragam ini. Bahasa kerennya adalah menggunakan ANALISA MULTI KRITERIA.

Singkatnya, dalam memilih keputusan dari kriteria yang beragam tadi, perlu dipilih mana yang “penting” dan mana yang tidak penting. Beres kan?

Atau kalau mau dibuat lebih “scientific” alias nekhnik, maka dari sekian banyak kriteria itu ditentukan bobot atau “weight” nya, misal kriteria yang “penting” diberi bobot yang lebih besar daripada kriteria yang tidak penting.

Nah kalau sudah demikian, nilai pada setiap kriteria akan dikalikan dengan bobot bersangkutan dan akan menjadi “rating” yang kemudian menghasilkan nilai total yang menentukan LULUS atau TIDAK.

MUDAH YA?***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s