PROYEKSI?

COBA deh sebutkan, apa yang biasanya kamu lakukan saat memproyeksikan kebutuhan air (water deman) saat kamu merencanakan pelayanan air bersih? Tentunya semua kamu Proyeksikan “menaik” pada jumlah penduduk, konsumsi air, dan juga cakupan pelayanan. Begitu kah?

Kamu harus cermat dalam “memproyeksikan” hal tersebut.ada beberapa hal yang seharunya tidak selalu diproyeksikan “naik”

Jumlah penduduk

Proyeksi yang lazim adalah bahwa penduduk akan terus bertambah, beberapa melakukan proyeksi dengan pendekatan matematis, pertumbuhan secara geometris, hingga exponensial.

Namun, lihatlah kenyataan berikut, sebuah rumah yang berisi satu keluarga memang cenderung akan bertambah anggota keluarganya, tapi tentu saja selanjutnya beberapa anggota keluarga akan “pindah” ke wilayah lain kan?. Akibatnya jumlah penduduk pada satu rumah seiring bertambahnya waktu bukannya bertambah banyak, tapi justru berkurang.

Konsumsi Air.

Begitu juga dengan konsumsi air, proyeksi lazimnya dibuat semakin meningkat, dengan asumsi, semakin tinggi kualitas hidup seseorang, kebutuhan air akan semakin bertambah.

Namun lihat kenyataan berikut. Saat pelanggan dihadapkan pada kenaikan tarif air yang terus menerus, sampai batas tertentu, pelanggan akan mulai berfikir untuk mengurangi konsumsi air dari sistem yang berbayar tadi, mereka cenderung mencari substitusi sumber air lain (bisa air tanah , atau sumber air lainnya). Kasus ini memang tidak selayaknya dijadikan proyeksi saat kita kita merencanakan kebutuhan air. Penurunan konsumsi hanyalah indikasi bahwa pelanggan semakin banyak sementara sumber air tetap (bahkan cenderung berkurang), atau juga pertanda bahwa pelanggan beralih sumber air bersihnya.

Memang kebanyakan proyeksi itu diperuntukkan bagi daerah yang kamu asumsikan “sedang berkembang” dan akan terus menuju idealnya.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s