SETELAH 3R KINI ADA 5R

KALAU dulu masih 3 R (baca disini) maka muncul R R yang lain, banyak versi tentang penambahan ini. 3 R yang sudah mendahululinya yaitu Reduce, Reuse, Recycle, tidak berubah posisi. Penambahan dua yang lainnya lah yang kemudian dimunculkan sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa versi dari 5 R yang ada di Indonesia adalah

1. Versi SANITASI, Selain 3 R yang lama (Reduce, Reuse, Recycle), ditambah 2 R lainnya yaitu Replace dan Rethink. Replace maksudnya adalah upaya mengganti barang-barang yang sekali pakai, dengan barang-barang yang bisa digunakan berkali-kali. Contohnya adalah mengganti sendok plastik sekali pakai, dengan sendok logam. Rethink adalah upaya untuk memikirkan kembali saat membeli barang, untuk membeli barang-barang yang tidak boros kemasan (karena kemasan akan langsung dibuang saat kita hendak menggunakan barang tersebut), serta ramah lingkungan.

2. Versi PENGELOLAAN AIR, penambahan 2 R nya yaitu Rechargable dan Recovery. Rechargable adalah upaya “mengisi” kembali kandungan air tanah dengan air hujan, salah satunya dengan upaya membuat sumur resapan. Recovery adalah upaya memulihkan kondisi tanah yang air nahanya telah tersedot dengan salah satu upayanya memfungsikan kembali tampungan-tampungan air dengan cara melestarikan situ-situ dan waduk yang ada.

Akan ada R-R yang lainnya, mungkin ada diantara kamu yang bisa menjelaskannya disini?***

2 responses to “SETELAH 3R KINI ADA 5R

  1. gimana kalau Ramah? Rajin Menjamah?

    Maksudnya: Rajin Membersikan Jalan dan Rumah.

    Tabik,
    Sentot

  2. untuk gaya hidup, pemakaian barang ramah lingkungan adalah ‘repair’ yakni memperbaiki barang2 yg rusak agar bisa digunakan kembali, jangan main buang aja.

    salam kenal bro/sis🙂 keren blognya…so let’s go green

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s