KEGIATAN PERAWATAN YANG JADI ANAK TIRI

Dalam setiap unit kegiatan terutama yang terkait dengan menjalankan alat atau mesin, selalu ada kegiatan operasional dan perawatan. Layaknya kegiatan manusia sehari-hari, memerlukan istirahat, makan, minum, membersihkan diri. Semua untuk menjamin agar setiap peralatan bisa bekerja sesuai fungsinya dengan baik.

Adakalanya perbaikan itu terbagi menjadi “perbaikan kecil” dan “perbaikan besar”. Sebagai contoh untuk kegiatan perpompaan, perbaikan kecil meliputi urusan-urusan rutin seperti chek buka tutup katub, pemberian pelumas, pencatatan ampere meter. Sementara perbaikan besar meliputi “overhaul” pompa, hingga penggantian katub.

Perbaikan kecil membutuhkan biaya yang kecil dan tenaga setempat, sementara perbaikan besar membutuhkan biaya besar dan juga tenaga yang khusus.

Biasanya urusan Perawatan besar dan kecil tadi pengelolaannya dipisah. Perawatan Kecil menggunakan biaya operasional rutin, sementara Perawatan besar menggunakan biaya investasi sehingga bisa disebut proyek.

Nah, persoalan bisa muncul akibat adanya urusan kecil dan besar ini. Bayangkan, karena pelaksanaannya terpisah, “team kecil” hanya melakukan pekerjaan kecil dan melaporkan adanya kerusakan yang terjadi untuk diperbaiki oleh “team besar”. Sementara “team besar” bisa jadi “sibuk” dengan urusan proyek lainnya yang mungkin lebih besar dan rumit.

Saat kerusakan kecil yang tidak dihiraukan tumbuh menjadi besar, yang terjadi adalah KERUSAKAN dan terhentinya kegiatan kerja secara TOTAL. Siapakah yang paling bertanggung jawab? nah, semua tentu akan saling tunjuk.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? jawabannya adalah KOORDINASI.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s